3 Resep Es Kopyor Untuk Jualan, Istimewa dan Segar

Resep Es Kopyor Untuk Jualan – Siapa sih yang tak mengenal dengan jenis minuman segar es kopyor? Ya, es yang menggunakan bahan utama kelapa kopyor sangat di sukai oleh berbagai kalangan. Karena rasanya yang enak, lembut dan segar.

Sebagai informasi saja, di kutip dari id.wikipedia.org kelapa kopyor merupakan jenis kelapa yang terjadi karena kelainan genetik. Hal tersebut membuat kelapa kopyor memiliki daging buah yang empuk, air kelapa yang sedikit serta aroma khas yang berbeda dari buah kelapa pada umumnya.

Baca Juga : 6 Resep Minuman Boba Untuk Jualan, Enak, Segar dan Mudah

1. Resep Es Kopyor Untuk Jualan

Resep Es Kopyor Untuk Jualan

Cara membuat es kopyor untuk jualan tidaklah terlalu sulit, kamu hanya perlu buah kelapa kopyor sebagai bahan dasarnya. Es kopyor biasanya di sajikan dengan berbagai varian seperti di beri susu kental manis, sirup berwarna, es serut dan lainnya.

Resep es kopyor untuk jualan bisa kamu buat dengan mudah, asalkan kamu sudah memiliki bahan dasarnya yaitu buah kelapa kopyor. Jualan es kopyor tentunya berbeda dengan jualan es kelapa biasa.

Yang membedakan adalah dari segi harga, es kopyor cenderung lebih mahal karena rasa dari buah kelapa kopyor yang enak dan lembut serta buah kelapa kopyor yang susah di temukan.

Tapi, jika di daerahmu banyak kelapa kopyor tidak ada salahnya kamu coba resep es kopyor untuk jualan, nah berikut ini adalah bahan serta langkah pembuatan es kopyor.

Bahan-bahan :

  • Kelapa kopyor 300 gram
  • Es serut/batu secukupnya
  • Air kelapa muda 550 ml
  • Sirup cocopandan 60 ml, atau sirup lain sesuai selera

Cara membuat es kopyor untuk jualan :

  1. Langkah pertama resep es kopyor untuk jualan adalah keluarkan daging buah dan air kelapa kopyor dari batok kelapa, lalu sisihkan.
  2. Siapkan gelas atau mangkuk berukuran sedang, lalu tuangkan sirup. Tambahkan kelapa kopyor dan air kelapa muda.
  3. Langkah terakhir tambahkan es batu di atasnya. Tak perlu diaduk, agar terjadi gradasi warna es kopyor yang terlihat cantik dan menarik.
  4. Selesai, lalu sajikan. Mudah banget kan resep es kopyor untuk jualan ini.

Baca Juga : Resep Es Pisang Coklat 1000an Untuk Jualan

2. Resep Es Kopyor Agar Agar Santan

Resep Es Kopyor Agar Agar Santan

Apabila kamu sulit menemukan kelapa kopyor, kamu bisa mencoba resep alternatif lain dari es kopyor yaitu resep es kopyor agar agar santan. Memang berbeda, tapi tak kalah kok dari es kopyor seperti biasanya.

Es kopyor agar agar santan juga bisa kamu jadikan sebagai resep es kopyor untuk jualan. Jadi kamu tidak membutuhkan buah kelapa kopyor sebagai bahan utama dan tentunya harganya lebih terjangkau.

Bahan-bahan :

  • Air 200 ml
  • Santan kental instan 450 ml
  • 1 bungkus agar-agar plain atau tawar atau tak berwarna/tak berasa
  • Gula pasir 100 gram
  • Secukupnya sirup cocopandan atau yang lainnya sesuai selera
  • Air matang dingin 4 liter
  • Es batu atau serut secukupnya

Cara membuat es kopyor agar agar santan :

  1. Pertama untuk resep es kopyor agar agar santan yaitu campurkan agar-agar dengan air, aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal, lalu tuangkan santan.
  2. Selanjutnya masak agar-agar sambil diaduk hingga mendidih, lalu angkat dan sisihkan.
  3. Masukkan es batu ke dalam air matang, tuang agar-agar ke atas bongkahan es batu sedikit demi sedikit.
  4. Setelah dituang langsung tarik ke bawah dengan garpu untuk membentuk serabut kopyor, lakukan hal ini sampai seluruh agar-agar habis.
  5. Untuk penyajian, tuang secukupnya sirup ke dalam gelas. Kemudian tuang agar-agar kopyor dan airnya ke dalam gelas.
  6. Selesai, es kopyor agar agar santan siap untuk di sajikan. Mudah bukan?

Baca Juga : Ini Dia 7 Resep Minuman Segar Simple

3. Resep Es Kopyor Nutrijel Rasa Melon

Resep Es Kopyor Nutrijel Rasa Melon

Bagi kamu pecinta nutrijel, bisa nih untuk membuat resep es kopyor nutrijel rasa melon atau varian rasa lain sesuai selera. Es kopyor nutrijel juga bisa di jadikan sebagai resep es kopyor untuk jualan loh.

Bahan-bahan :

  • Santan kental instan 65 ml
  • Nutrijel kelapa rasa melon 1 bungkus
  • Gula secukupnya
  • Air 500 ml
  • Sirup cocopandan secukupnya
  • Air matang dingin 4 liter
  • Es serut atau batu secukupnya

Cara membuat es kopyor nutrijel rasa melon :

  1. Cara pertama untuk resep es kopyor nutrijel rasa melon adalah campur semua bahan dan aduk rata sampai tidak ada bagian yang menggumpal.
  2. Rebus semua bahan jadi satu sampai mendidih, lalu angkat.
  3. Sebelum jelly mengental, letakkan es batu di dalam wadah besar, lalu tuangkan sesendok demi sesendok. Begitu dituang, langsung tarik jeli ke bawah dengan garpu untuk membentuk serabut kopyor.
  4. Selanjutnya tata di mangkuk atau gelas saji yang sudah kamu siapkan.
  5. Selesai, es kopyor nutrijel rasa melon, siap untuk di sajikan.

Resep es kopyor untuk jualan di atas merupakan sedikit dari dari berbagai resep es kopyor yang lain. Jadi kamu bisa kreasikan atau memberikan berbagai varian seperti rasa strawberry, anggur, jeruk dan lainnya.

Nah, itulah resep es kopyor untuk jualan. Silakan kamu buat sendiri es kopyor di rumah bersama teman atau keluarga. Selamat mencoba ya !